Debat Publik Pertama Pilkada Kalteng, Kedua Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Saling Serang Program

Debat Publik Pertama Pilkada Kalteng, Kedua Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Saling Serang Program
Gambar Paslon Nomor Urut Satu Ir. Ben Brahim S. Bahat, MM., MT dan Dr. H. Ujang Iskandar, ST., MT saat memberikan paparan Program di Debat Publik

PALANGKA RAYA – Debat Kandidat Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), masa bakti 2021 – 2026. Dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng bekerjasama dengan Televisi Republik Indonesia (TVRI) Kalteng, tadi malam, (7/11/20) berjalan sangat alut.

Dengan Tema Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Serta Pemerataan Pembangunan dan Kebijakan Penangganan Covid 19.

Tim Penyusun Materi Pemilihan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng tahun 2020, terdiri dari Prof. Dr. Suimin Gumiri, MSc, dari Universitas Palangka Raya (UPR) Bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan. Dr. John Retel Alfriandy, S.Sos., M.Si dari Universitas Palangka Raya Bidang Kepakaran Sosial Politik, Dr. Sadiani, M.H dari IAIN Palangkara Raya Bidang Kepakaran S- 3 Ilmu Hukum, Farid Zaky Yopiannor, S.Sos.,M.Si dari UMP Palangka Raya Bidang Kepakaran Sosial Politik, dan Dr. Pranata, S.Pd,. M.Si dari IAHN Palangka Raya Bidang Kepakaran Manajemen Pendididkan.

Dibawakan oleh Moderator Debat Kandidat, Nayla Husna, kedua Paslon menyampaikan Program dan Misi Masing – masing dengan waktu yang telah ditentukan.

Pasangan nomor urut dua. H. Sugianto Sabran dan H. Edy Pratowo, S. Sos,.MM terlebih dahulu menyampaikan Program dan Visi Misinya. Dalam paparannya, bahwa pembangunan selama ini telah tercapai lima tahun terakhir dalam kepemimpinannya, pembangunan harus berkesinambungan dan lima tahun kedepan melanjutkan serta menuntaskan yang ada.

Sugianto Sabran yang juga Petahana, menerangkan ada lima Program yang akan diwujudkannya bersama H. Edy Pratowo, S.Sos.,MM lima tahun kedepan.

“Visi kami terwujudnya Kalteng semakin berkah dan selalu berinovasi, ada lima program yang akan kami laksanakan, Pertama Mempercepat pembangunan ekonomi yang pruduktif, kreatif dan berwawasan lingkungan. Kedua memperkuat Ketahanan daerah dan mengatisipasi perubahan global, ketiga mewujudkan pemerintahan yang baik melalui birokrasi – birokrasi, keempat mempercepat pembangunan sumber daya manusia yang cerdas dan sehat berdaya saing dan kelima meneguh kalteng yang berima berbudaya dan bersetaraan gender,” kata Paslon dua, H. Sugianto Sabran.

Sementara itu paslon urut satu, Ir. Ben Brahim S. Bahat, MM., MT dan Dr. H. Ujang Iskandar, ST.,M.Si menyampaikan program dan visi misi untuk Kalteng lima tahun kedepan. Paslon ini menyampaikan keadaan masyarakat Kalteng selama ini, kemiskinan, penggangguran dan infrastruktur yang jelek serta banjir dimana – mana, serta ketimpangan social di masyarakat khususnya Kalteng. Ben Ujang menawarkan program social untuk mengatasi itu semua, karena menurutnya, masyarakat Kalteng perlu dukungan dari pemerintah dan diharapkan pemerintah harus hadir di tengah – tengah masyarakat.

“Kita lihat infrastruktur yang jelek sehingga banjir dimana – mana, seharusnya pemerintah hadir. Ben Ujang hadir dengan Visi besar, mewujudkan Kalteng Maju, Sejahtera dan Mandiri. Kami mempunyai Program yaitu,  memberikan beasiswa kepada S1, S2 dan S3 dan juga memberikan BPJS secara gratis, BLT, Sembako  dan menyiapkan lapangan kerja 50. 000. Dan akan membangun jalan – jalan yang rusak, membangun pelabuhan, airpot embarkasih haji dan prasarana lainnya,” kata paslon satu, Ben Brahim S. Bahat.

Waktu yang diberikan moderator 30 detik, semua dimanfaatkan kedua paslon dengan baik, debat public pertama berjalan sangat alut dan sempat memanas, terutama pada paslon dua yang selalu emosi dalam menyingkapi jawaban dari paslon dua.

Adu program kedua paslon telah disampaikan, tergantung bagaimana nantinya masyarakat Kalteng menentukan pilihannya pada tanggal 9 Desember 2020, dan akan menentukan arah pembangunan Kalteng lima tahun kedepan.

 

(//indra)