Dr. Ir. Rawing Rambang MP Purna Tugas, Hartani: Sosok Yang Masih Diharapkan Masyarakat Kalteng

Dr. Ir. Rawing Rambang MP Purna Tugas, Hartani: Sosok Yang Masih Diharapkan Masyarakat Kalteng
Dr. Ir. Rawing Rambang, MP Kepala Dinas Perkebunan Kalimantan Tengah

PALANGKA RAYA – Terhitung tanggal 1 (satu) November 2020, Kepala Dinas (Kadis) Perkebunan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Dr.Ir. Rawing Rambang, MP akan menjalani purna tugas. Dedikasinya dalam dunia perkebunan di Kalteng tidak diragukan, menjabat sebagai Kadis Perkebunan Kalteng dengan dua Periode  Gubernur berbeda, yakni Agustin Teras Narang, SH dan Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran.

Suami dari salah satu Dosen di UPR, Dr. Harin Tiawon, SE.,MP ini meniti karier sebagai seorang Birokrat,  Kepala Seksi Penyuluhan pada Subdin Sapras Disbun Kalteng 2001, Kasubdin Sapras pada Disbun Kalteng 2005, Kabid Kelembagaan dan Sarpas Disbun 2008, Kabid Budidaya pada Disbun Kalten 2010, Karo Ekonomi Setda Kalteng dan Kepala Dinas Perkebunan Kalteng dari tahun 2012 hingga akhir purna tugasnya.

Pengalaman Pendidikan dan Pelatihan kedinasan, yakni Managemen Agribisnis di Srilangka (1995), Managemen Agribisnis di Malaysia (1995), Managemen Agribisnis di Thailand (1995), Comparative Study and Technical Visit di Thailand (2007), Comparative Study di Malaysia (2011), Technical Visit di Brasil (2013), Management Proyek yang diselenggarakan Dirjen Perkebunan di Cisirua (1992), Teknik Budaya Karet di Palangka Raya (1993), Management Proyek di Cisirua (1994), Management Sumber Daya Manusia  di Palangka Raya (1995), Penataran P – 4 Pola 100 Jam dengan Pelaksana Pemda Kalteng di Palangka Raya (1997), Managemen Sumber Daya Manusia di Palangka Raya (1995), Leadership Assesment and Sensitivity Training di Palangka Raya (2009), ADUMLA pelaksana Deptan di Lembang Jawa Barat (1997), SPAMA pelaksana Deptan di Unjung Pandang Sulawesi Selatan (1998) dan DIKLATPAM Tk II di Jakarta (2009).

Diakhir masa purna Tugas, Rawing Rambang sempat menyelesaikan Sekolah Doktor Di Universitas Palangka Raya (UPR), dengan nilai terbaik, terkait Konsepsi Keterbukaan Informasi Publik Dalam Penyelenggaraan Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan Di Provinsi Kalimantan Tengah, studi kasus PT. Sinar Mas Group. Disertasi untuk memperoleh gelar Doktor Lingkungan Bidang Konsentrasi Pengelolaan Sumber Daya Lahan Gambut Berkelanjutan (PSLGB).

Sosok yang dikenal ramah dan bersahaja ini juga sangat dekat dengan para Jurnalis, khususnya dari Penasehat Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (ITJI), Hartani Soekarno. Wartawan Senior di Kalteng yang juga Kontribotur Biro Kalteng TvOne, menilai sosok Dr. Ir. Rawing Rambang, MP merupakan putra daerah terbaik yang dimiliki Kalteng. Dan mengharapkan agar Rawing Rambang bisa mengabdikan ilmunya untuk kesejahteraan masyarakat Kalteng walaupun sudah purna tugas sebagai Kadis.

“Saya mengetahui kalau pak Rawing Rambang, puluhan tahun berkarier di birokrat, khususnya pada dinas perkebunan, semoga beliau mau mewakafkan keilmuannya sebagai pengetahuan untuk masyarakat, apa lagi  presiden sudah menetapkan Kalimantan Tengah khususnya Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau sebagai Lumbung Pertanian Indonesia. Tentunya peranan warga Kalteng harus mumpuni dibidang pertanian yang tepat guna. Pak Rawing, juga sebagai peraih gelar Doktor dibidang Lingkungan, tentunya peranan beliau sangat dibutuhkan , baik itu menyangkut konflik keberadaan perusahaan Perkebunan Besar Sawit (PBS) yang sering bersinggungan bahkan muncul konflik dengan warg sekitar PBS,” harap Wartawan Senior, Hartani  ini kepada media indonesiasatu.id, Sabtu (31/10).

Menurut Hartani Soekarno, sosok Rawing Rambang masih sangat diharapkan masyarakat khususnya untuk Sektor Perkebunan di Kalimantan Tengah.

“Bagaimana pun peranan pak Rawing, kedepannya sangat kita perlukan, saya cukup mengetahui pribadi beliau yang bersahaja dan tidak aneh selama berkarier sebagai pegawai biasa sampai menjadi Kadis. Semoga beliau setelah memasuki purna tugas sebagai kadis Perkebunan Kalteng, Pak Rawing tetap Sehat, bahagia, dan berkenan memberi keilmuannya untuk masyarakat Kalimantan Tengah,” Pungkas Hartani Soekarno.

Selama menjabat sebagai Kadis Perkebunan Kalteng, Sektor Perkebunan mendominasi  pendapatan untuk APBD Kalteng, ada 11 (sebelas) Komoditi, tapi yang sangat menonjol adalah perkebunan kelapa sawit untuk Provinsi Kalimantan Tengah. Dalam Permentan Nomor 833 Tahun 2019,  ada 1.778 juta hektare perkebunan kelapa sawit di Kalteng. Jadi 10,8 persen dari sawit Nasional ada di Kalteng, produksi Kalteng  kurang lebih 5,5 juta Ton per tahun, sehingga kalau kita lihat, sawit memang dominan di Kalteng.

(//indra)