Ketua DPRD Kalteng, Wiyatno Sambut Baik Keberadaan DPP BPAN LAI dan Menjalin Kemitraan

Ketua DPRD Kalteng, Wiyatno Sambut Baik Keberadaan DPP BPAN LAI dan Menjalin Kemitraan

Ketua DPRD Kalteng, Wiyatno Sambut Baik Keberadaan BPAN LAI

PALANGKA RAYA – Tadi siang, Selasa (20/10/20) pengurus Dewan Pimpinan Daerah Badan Penelitian Aset Nasional Lembaga Aliansi Indonesia Kalimantan Tengah (DPD BPAN LAI Kalteng) melakukan kunjungan audensi tatap muka kepada ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Danrem 102 Panju Panjung Kalimantan Tengah.

Dipimpin Ketua DPD BPAN LAI Kalteng Dra Kameloh Kusmiaty, sekretaris Ducun Helduk Umar, SE, Dewan Pembina Drs. Adirama Bahan, MT, bendahara Anita Purwanty, Kadiv Organisasi dan Kaderisasi Simpun M. Mangko, S.Sos, Kadiv Ekonomi dan Keuangan Agus Susanto serta Kadiv Media dan Komunikasi Indra Gunawan, diterima oleh Ketua DPRD Provinsi Kalteng Wiyatno, SP diruangannya.

Dalam pertemuan itu, dipaparkan program dan kerja DPD BPAN LAI Kalteng kedepannya dan bersinergis dengan pemerintah Daerah Kalteng dan Furum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) lainnya dalam melaksanakan program pemerintah baik pusat, provinsi dan Kota/kabupaten.

“Kehadiran kami menemui bapak ketua DPRD Kalteng, menyampaikan dan memberitahukan keberadaan organisasi ini, yang telah diberikan SK oleh DPP BPAN LAI dan rencana bulan November 2020 ini akan dilakukan pelantikan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP),” ungkap ketua DPD BPAN LAI Kalteng, Dra. Kameloh Kusmiaty.

“DPD BPAN LAI Kalteng siap bersinergis dan bekerjasama dengan Pemerintah dalam hal pemantauan aset Negara, baik Pusat, Provinsi dan Kabupaten/ kota,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kalteng, Wiyatno, SP menyambut baik keberadaan BPAN LAI Kalteng  dan akan menjalin kerjasama dalam hal informasi yang didapat terkait beberapa Aset Negara yang selama ini kurang terpantau oleh Negara khususnya pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah selama ini.

Dan ada beberapa hal yang sempat dibahas dalam pertemuan tersebut, terkait rumah dinas dan mobil dinas yang didom oleh penjabat yang menggunakannya tanpa melalui prosedur yang sah secara administrasi Negara.

“Saya menyambut baik keberadaan BPAN LAI Kalteng, dan kami siap bekerjasama, baik dari  hal pengawasan, banyak hal yang kita lihat selama ini yaitu mobil dan rumah dinas yang di dom tanpa prosedur yang sah, tidak melalui lelang sehingga Negara dirugikan,” kata Wiyatno, SP.

Dikatakan juga seperti permasalahan jalan pertamina di kabupaten Barito Timur  dan juga seperti jalan – jalan eks perusahaan HPH yang telah tutup.

Dewan Pembinan DPD BPAN LAI Kalteng, Drs. Adirama Bahan, MT juga memberikan masukan terkait keberadaan pengembang perumahan yang beroperasi, kalau menurut aturan harus memberikan sebagian lahan pengembangannya kepada milik publik tiga puluh persen sesuai Peraturan Menteri Perumahan Rakyat Nomor 11 tahun 2008 tentang Pendoman Keserasian Kawasan Perumahan dan Permukinan.

“Kita harapkan juga, seperti para Deplover perumahan yang selama ini membangun khususnya dikota Palangka raya, menurut aturan yang ada wajib memberikan lahannya tiga puluh persen untuk kawasan milik public, dan oleh maka asset milik Negara akan terus bertambah, serta pihak pengembang harus membuat sertifikat tanah tersebut milik public,” papar Pembina DPD BPAN LAI Kalteng, Drs. Adirama Bahan, MT.

Setelah itu, pengurus DPD BPAN LAI Kalteng melanjutkan kunjungan menemui Danrem 102 Panju Panjung Kalteng, bapak Brigjen TNI Porwo Sudaryanto diruangannya, disambut ramah. Pada kesempatan itu juga disampaikan visi Misi DPD BPAN LAI Kalteng serta diberitahukan akan segera dilantik kepengurusannya.

(//indra)