Ketua Komunitas Adat Kinipan Ditangkap, Inilah Tanggapan DAD Kabupaten Lamandau

Ketua Komunitas Adat Kinipan Ditangkap, Inilah Tanggapan DAD Kabupaten Lamandau

PALANGKA RAYA - Penangkapan Ketua Komunitas Adat Desa Kinipan, Effendie Buhing, oleh Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah (Kalteng), Rabu 26/08/2020, banyak menuai kritikan dan kecaman dari masyarkat dayak khususnya di sosial media.

Menanggapi permasalah yang terjadi didesa Kinipan yang selama ini berlarut - larut tidak ada penyelesaiannya. Hingga ditangkapnya Ketua Komunitas Adat Desa Kinipan serta ada juga 4 ( empat ) masyarakat desa tersebut yang juga sudah menjalani proses hukum dipengadilan.

Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Lamandau, H. Hendra Lesmana yang juga menjabat Bupati Kabupaten Lamandau beserta Kapolres Lamandau AKBP Titis Bangun,.H.P.,S.I.K., M.H, Dandim 1017 Lamandau Letkol Inf. Hafees Isjarin, S.H, Wakapolres Lamandau Kompol Harman Subarkah, S.H, Wakil Ketua I DPRD Kab. Lamandau Budi Rahmat, SE, Kabagops Polres Lamandau AKP Agus P. Wibowo, SH, Tokoh Adat dan Tokoh masyarakat Kab Lamandau.

Melalui Press Realise Video 26 Agustus 2020 pukul 2030 Wib, bertempat di Kantor Sekretariat DAD Kab. Lamandau. Memberikan tanggapan dan himbauan terkait permasalahan desa Kinipan dan penangkapan Ketua Komunitas Adat Kinipan, Effendie Buhing oleh Kepolisian Polda Kalteng.

Terkait hal tersebut telah disampaikan himbauan kepada masyarakat Lamandau oleh Bupati Lamandau selaku Ketua DAD Kab. Lamandau berupa video berkaitan dengan permasalahan Ds. Kinipan Kec. Batang Kawa Kab. Lamandau yang mana sbb :

a. Pengurus DAD Kab. Lamandau, para Damang dan Tokoh Masyarakat turut prihatin terhadap persoalan yang terjadi di Ds. Kinipan

b. Menyikapi permasalahan tersebut pengurus DAD Kab. Lamandau bersama para Damang dan Tokoh Masyarakat Kab. Lamandau, menghimbau kepada masyarakat agar dapat menyikapi informasi di sosial media dengan bijak.

c. Berkaitan dengan permasalahan hukum Sdr. E B dan kawan-kawan, DAD Kab. Lamandau mempercayakan sepenuhnya kepada proses hukum positif yang berlaku di Negara Republik Indonesia.

d. Mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga stabilitas, keamanan, kondusifitas daerah Kab. Lamandau yang kita cintai.

4. Pada kesempatan tersebut Kapolres Lamandau juga menyampaikan bahwa pada hari Rabu tanggal 26 Agustus 2020 Skj. 15.00 Wib di Ds. Kinipan Kec. Batang Kawa Kab. Lamandau telah dilakukan penangkapan terduga pelaku tindak pidana Curas (pencurian dengan kekerasan) sesuai dengan Laporan Polisi Nomor : 173 / VII / SPKT tanggal 09 Agustus 2020 yang dilakukan oleh tim Ditreskrimum Polda Kalteng bahwa dari informasi yang didapat akan dilakukan rencana penangkapan dengan cara persuasif, negosiasi, menyampaikan surat tugas namun pihak keluarga dan warga menghalangi proses penangkapan tersebut , sehingga dilakukan upaya paksa secara terukur dan profesional, selanjutnya terduga dibawa dan diamankan di Polda Kalteng dengan backup dari Polres Lamandau namun proses hukum dari Ditreskrimum Polda Kalteng.

5. Terkait informasi bernada ancaman yang beredar di media sosial dengan adanya pemberitaan tentang Ds. Kinipan, Kapolres Lamandau menanggapi agar masyarakat Lamandau jangan mudah terprovokasi terhadap berita yang belum jelas kebenarannya dan saat ini diserahkan kepada hukum positif yang berlaku di Negara Republik Indonesia.

6. Kegiatan berakhir Skj. 20.50 Wib dan selama kegiatan berlangsung situasi dalam keadaan aman kondusif.

(**/indra)