Lihat Kesiapan, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi Kunker Ke Kalteng

Lihat Kesiapan, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi Kunker Ke Kalteng

PALANGKA RAYA – Menteri Perhubungan Republik Indonesia Ir.Budi Karya Sumadi beserta rombongan tiba tadi pagi, Selasa (20/10/20) di Bandara Tjilik Riwut sekitar pukul 08.10 Wib dengan mengunakan pesawat Batik Air ID-6200.

Kunjungan Kerja (Kunker) Menteri Perhubungan yang juga didampingi Ketua Komisi V DPR RI Lazarus tersebut Ke Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam rangka peninjauan sarana dan prasarana transportasi. Setibanya di Bandara Tjilik Riwut Kota Palangka Raya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengadakan rapat terkait Bandara dan Foot Estate di Ruang VIP Room Bandara Tjilik Riwut.

Peserta rapat dihadiri , Ketua Komisi V DPR RI Lazarus, Plt. Gubernur Kalteng Habib Said Ismail Bin Yahya, sekretaris daerag Prov. Kalteng Fahrizal Fitri, Unsur Forkompimda Prov. Kalteng, Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait serta para tamu undangan lainnya.

Dikutip dari MMCKalteng, Plt. Gubernur Kalteng Habib Said Ismail Bin Yahya menyampaikan siap untuk mendukung Lumbung Pangan Nasional (Food Estate) di Prov. Kalteng yang direncanakan untuk tahun 2020 di Kabupaten  Pulang Pisau 10. 000 Ha dan Kabupaten Kapuas 20. 000 Ha.

Food Estate merupakan program kedepan oleh pemerintah untuk memperkuat cadangan pangan Nasional, bukan hanya di hulu, tetapi juga bergerak di hilir produk pangan industry. Konsep pengembangan Foot Estate di Kalteng diantaranya cluster berbasis korporasi petani , supporting system, proses budidaya meliputi tanaman pangan, hultikultura, perkebunan dan peternakan, proses hilirisasi serta distribusi logistic.

Dalam ini, pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan Komitmen dalam upaya pemenuhan ketahanan pangan Nasional diantaranya melakukan optiomalisasi dalam memastikan konektivitas akses dari lokasi asal produk industry hingga ke lokasi simpul terdekat serta menjamin kelancaran distribusi logistic pangan dan produk local agar dapat tersebar ke seluruh daerah di Indonesia.

Pada kesempatan itu juga, dalam rapat dibahas untuk tahun 2021 diprogramkan Studi Pengembangan Transportasi Udara dalam mendukung Kawasan Food Estate di Kalteng.

(//indra)