Pemdes Hurung Bunut Mengutamakan Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Pemdes Hurung Bunut Mengutamakan Kearifan Lokal  Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

GUNUNG MAS - Desa merupakan ujung tombak pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Karenanya, pemerintah terus memberikan perhatian lebih terhadap kemajuan desa dan pemberdayaan masyarakat desa.

Salah satunya Desa yang ada di Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas yaitu Desa Hurung Bunut yang lumayan pesat perkembangannya di sektor pemberdayaan masyarakat, pertanian, dan perekonomian.  Karena telah melakukan sistem pembangunan berbasis pedesaan dengan mengedepankan kearifan lokal kawasan pedesaan yang mencakup struktur demografi masyarakat, karakteristik sosial budaya,   karakteristik fisik geografis, pola kegiatan usaha pertanian, perternakan, pola keterkaitan ekonomi desa-kota.

Kepala Desa Hurung Bunut Doni saat ditemui di kantor Desa Selasa, 8 September 2020, Pagi mengatakan, Saya selaku kepala Desa berusaha semampu saya untuk mengembangkan perekonomian dan pemberdayaan Masyarakat Desa Hurung Bunut dengan berbagai kegiatan antara lain di sektor Pertanian. Pemerintah Desa bersama Ibu - Ibu PKK dan Masyarakat Desa telah menanam berbagai sayuran, Singkong, dan pisang. Untuk Sayur kita sdh bisa panen dan jual ke masyarakat, sedangkan singkong dan pisang kita sudah bentuk anggota khusus untuk membuat makanan ringan seperti Kripik pisang dan singkong yang sdh berbentuk kemasan yang digerakkan melalui Bumdes.

Hanya disini kita sedikit terkendala mengenai penjualan atau pemasaran. "Kami berharap Dinas perdagangan, industri, dan Koperasi ( Disperindakop ) membantu dibidang pemasaran serta memberikan terobosan sesuai kemajuan jaman agar kedepannya Usaha Bumdes ini bisa berjalan lancar dan semakin meningkat," harap Doni.

Untuk pemberdayaan masyarakat yang kita jalankan adalah dengan mengajak warga untuk menanam singkong, pisang dan sayuran serta kegiatan pembangunan infrastruktur yang ada didesa Hurung Bunut, jelas Doni.

Rencana Program kedepan ini kami akan melanjutkan pembangunan jalan pelajar sepanjang kurang lebih 300 meter menggunakan Cor beton, kemudian rencana kami akan menambah Bumdes yang bergerak di bidang peternakan yaitu Ikan karena tahun kemaren kita sudah melakukan peternakan Babi dan lumayan berhasil walaupun belum maksimal, ungkap Doni sambil mengakhiri wawancara.

(**/indra/ Didik S )