Sempat Terhambat Pekerjaan, Jembatan Gantung Upon Batu Sudah Diserah Terima Ke Pemkab Gumas

Sempat Terhambat Pekerjaan, Jembatan Gantung Upon Batu Sudah Diserah Terima Ke Pemkab Gumas
Sempat Terhambat Pekerjaan, Jembatan Gantung Upon Batu Sudah Diserah Terima Ke Pemkab Gumas

GUNUNG MAS - Keberadaan Jembatan Gantung Upon Batu Kecamatan Tewah Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Kalimantan Tengah, sangat membantu perkembangan didesa tersebut khususnya untuk peningkatan perekonomian serta pariwisata Batu Suli.

Pembangunan Jembatan gantung Upon Batu sempat terkendala baik sistim lelang dan pelaksanaan pekerjaannya, hal dijelaskan Satuan Kerja (Satker) Pelaksana Jalan Nasional (PJN) Wilayah II Provinsi Kalimantan Tengah, Bidu Erang, ST. ,MT. 

“Pelaksanaan Lelang Jembatan Gantung Upon Batu beberapa kali gagal karena tidak ada yang menyanggupinya,” terang Bidu Erang, ST., MT.

Bidu Erang, ST., MT yang saat itu menjabat sebagai kepala Satker PJN Wilayah II Kalteng, mengatakan untuk membangun jembatan gantung Upon Batu, baik dari beberapa kali lelang hingga lelang dekat tahun terakhir, sampai pelaksanaan pekerjaan ada terkendala dituntut oknum masyarakat minta ganti rugi lahan. 

“Pekerjaan sempat terhenti oleh segelintir oknum masyarakat menuntut ganti rugi yang menggenai tiang panjang jembatan, hal ini menambah beban pekerjaan, sehingga membuat pekerjaan terhenti sebelum adanya penyelesaian ganti rugi" Kata Bidu Erang. 

Berdasarkan data yang diterima media ini, Jembatan Gantung Upon Batu telah diserah terima kepada Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalteng, tertanggal 1 September 2020. Penyerahan tertuang dalam berita acara serah terima barang milik Negara (BMN) berupa Jembatan Gantung Penjalan Kaki dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat kepada Pemerintah Kabupaten Gunung Mas Nomor: 01 / NPH-JG / BMN / Bb29 / 2020 dan Nomor: 030 / 486.a / BAST / D / BKAD / IX / 2020.

Serah terima dilakukan di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Gunung Mas, penjabat Kepala Satuan Kerja PJN Wil. II Prov Kalimantan Tengah, Adi Rosadi, ST, MT, sebagai peratur dan atas nama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan penjabat daerah yang menerima, Drs. Yansiterson, M.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas.

Nilai pembangunan Jembatan Gantung Upon Batu Rp. 5.657.000.000, - (Lima Mlyar Enam Ratus Lima Puluh Tujuh Juta Rupiah), tahun anggaran 2019 dengan Pelaksana Pekerjaan CV. Bayu Duta Pratama Pusat Palangka Raya.

Sementara itu, Riant Anggoro, ST., SE selaku Kontraktor Pelaksana, menyampaikan bahwa pembangunan dari tiang pancang hingga abutmen pondasi sesuai dengan perencanaan, meskipun kemarin saat pelaksanaan ada longsoran dari tebing, sempat mengganngu pekerjaan.

“Sebelum diserah terimakan ke Pihak Kabupaten Gunung Mas, jembatan sudah di uji Lab, baik Kontruksi, Tiang Panjang, dan Abudmen, semua baik tidak ada hal yang sifatnya mengganggu kekuatan kontruksi jembatan,” katanya.

Dijelaskan juga bahwa pihaknya selaku Kontraktor tetap melakukan perawatan, seperti beberapa hari lalu, tanggal 12 Oktober 2020 melakukan jalan yang menuju kearah jembatan dari jalan poros Kabupaten Gumas serta perbaikan timbunan yang ada sedikit longsoran tebing hingga penyemenan sedikit.

“Sebenar waktu jembatan waktunya, tapi kita tetap melakukan pemeliharaan, agar kenyamanan masyarakat yang mau menggunakan jembatan tersebut terasa nyaman,” papar Riant Anggoro.

(##//indera)