Tidak Ditemukan Kasus Covid-19, Kelurahan Marang Kota Palangka Raya Masih Zona Hijau

Tidak Ditemukan Kasus Covid-19, Kelurahan Marang Kota Palangka Raya Masih Zona Hijau

PALANGKA RAYA - Penyebaran wabah Covid-19 sudah mendunia, dan sampai saat ini menjadi perhatian banyak pihak mulai dari antisipasi, penanganan hingga bagaimana menghadapi Pandemi Covid-19. Tentunya penyebaran yang begitu signifikan ini membuat masyarakat khawatir dan selalu mawas diri untuk menjaga kesehatan.

Kelurahan Marang, Kota Palangka Raya, dengan 246 Kepala Keluarga sampai saat ini belum ditemukan kasus Covid-19 dan dapat dikatakan Zona Hijau Penyebaran kasus Covid-19.

Lurah Marang Dony Wandira di sela kegiatan pendataan rapid test massal saat ditemui awak media center, Kamis (30/7/2020) mengatakan sampai saat ini belum ditemukan kasus Covid-19 di wilayahnya.

"Pelaksanaan rapid test tentunya akan menyasar kepada pelaku usaha atau warga yang sering bepergian ke luar kota.  Ini tentunya sebagai antisipasi penyebaran Covid-19 dan mempertahankan status Zona hijau di Kelurahan Marang," ucap Donny

Di sisi lain Camat Bukit Batu, Hendrikus Satria Budi mengaku bersyukur mengingat status zona hijau penyebaran Covid-19 di wilayah Kelurahan Marang yang melihat dari letak geografisnya terletak di pinggiran sungai dan jauh dari perkotaan. 

Menurut Hendrikus, warga Kelurahan Marang sempat khawatir dengan aktivitas pendatang baik itu pedagang pasar dadakan maupun para pemancing mengingat daerah ini sangat dekat dengan sungai dan hasil ikan yang cukup melimpah.

Menanggapi hal itu, Hendrikus mengimbau kepada warga agar tidak terlalu takut. Pemerintah pusat sampai ke daerah bersinergi menanggulangi penyebaran Covid-19 dan salah satunya dalam kegiatan Kamis kemarin  Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bukit Batu hadir dalam pendataan rapid test massal yang difasilitasi oleh Yayasan Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) Nyaru Menteng.

"Sasaran kita untuk pelaksanaan rapid test ini memang warga pendatang. Tadi kami sudah melakukan pendataan pedagang pasar dadakan hingga warga dan harapan kami ini dapat dilakukan rapid test sehingga ketakutan warga terhadap virus ini dapat kita redam," ucap Hendrikus

Status Zona Hijau Kelurahan Marang tidak lepas dari peran serta warga dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat yang ketat sesuai dengan anjuran Pemerintah dan mengikuti Protokol kesehatan yang baik. (***)